Puncak Arus Mudik Jalur Padalarang Diprediksi Hari Ini

Semoga lancar terus mudik nya ya.

Dilansir dari : https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4572880/puncak-arus-mudik-jalur-padalarang-diprediksi-hari-ini

Cimahi РPuncak arus mudik di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) diprediksi akan terjadi hari ini, Sabtu (1/5/2019).

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto mengatakan kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan roda dua.

Jalur Cimahi I (Padalarang, KBB) dan jalur Cimahi II (Kota Cimahi) dikatakan Suharto merupakan satu-satunya jalur arteri bagi sepeda motor dari arah barat menuju jalur selatan.

Sementara pengguna kendaraan roda empat, ujar Suharto, cenderung memilih lewat tol dan keluar di Tol Cileunyi daripada melalui jalur arteri.

“Untuk situasi di jalur arteri kita sudah antisipasi, karena kendaraan roda dua dari arah Sumatera, Banten, Jakarta, Bekasi dan Bogor akan melintas ke jalur ini untuk pergi ke selatan, baik ke Garut, Tasikmalaya, Ciamis,” katanya saat ditemui detikcom, Jumat (31/5/2019) malam.

Suharto mengatakan, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor terus meningkat sejak Kamis (30/5/2019) lalu. “Pengguna roda dua terus meningkat, personel kami siaga di pertigaan dan perempatan serta di Pospam untuk mengurai kepadatan,” katanya.

Sementara itu, terkait dampak one way dari arah Jakarta menuju Cirebon, Suharto mengatakan belum ada imbas yang signifikan. “Karena jumlah kendaraan dari arah Cileunyi menuju Jakarta minim dibanding arah sebaliknya,” ungkapnya.

“Jadi kalau kita lihat dari H-7 sampai H-6 itu telah ada 6.619 pemudik. Jumlah itu turun 13 persen kalau dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 7.629 pemudik,” ucapnya.

Dia memprediksi penurunan jumlah pemudik karena banyak digelar program mudik gratis dalam beberapa hari terakhir. Selain itu juga dia melihat belum semua pegawai terutama PNS telah memasuki masa libur.

“Karena besok PNS kan masih haru mengikuti Upacara (Hari Kelahiran Pancasila),” ucapnya.

Meski mengalami penurunan dalam dua hari terakhir ini, dia tetap memprediksi akan tejadi kenaikan jumlah pemudik mencapai 5 persen di Terminal Cicaheum. Pihaknya memperkirakan lonjakan pemudik baru akan terjadi pada Sabtu (1/5) sore atau pada H-4 besok.

“Ini baru dua hari (jadi kita lihat saja),” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *