Charger Smartphone Semalaman, Bikin Handphone Rusak?

Nah smartizen buat kalian yag sering mencharger handphone semalaman, seharusnya mencharger handphone itu minimal 2 jam ya smartizen.

dilansir dari : https://inet.detik.com/konsultasi-gadget/d-4709105/charging-smartphone-semalaman-bikin-ponsel-rusak?tag_from=wp_nhl_judul_6&_ga=2.83159510.1102168568.1568686682-1410100502.1568427508

Jakarta – Saya suka men-charge ponsel pada tengah malam hingga akhirnya ketiduran hingga pagi ponsel tersebut masih tersambung dengan listirk, apakah charging ponsel semalaman bisa bikin ponsel cepat rusak?

Jawaban:

Tidak. Ponsel sekarang memiliki chip yang mengatur aliran listrik yang masuk dan memantau proses selama charging. Chip ini dinamakan PMIC, Power Management Integratec Circuit. Saat baterai sudah penuh, chip tersebut memutus arus yang masuk.

Jadi tidak apa ponsel ditinggal charging selama tidur, karena ponsel juga didesain sesuai kebiasaan manusia. Selama ini banyak orang masih menggunakan ponsel di tempat tidur, dan umumnya baru men-charge ponsel ketika berangkat tidur.

Untuk itu ponsel dibuat dengan teknologi untuk tetap aman saat di-charging dan ditinggal tidur.

Untuk mengetahui apakah arus benar terputus saat charging penuh, ada alat elektronik kecil yang bisa memantau besar tegangan dan arus saat charging, dan saat ponsel penuh angka tegangan dan arus ini menjadi nol.

Cara mencoba mudahnya tanpa alat tinggal begini, saat ponsel di charge biasanya akan hangat atau panas, tinggal tidur, dan besok pagi saat bangun coba pegang ponselnya, biasanya dingin tidak terasa hangat. Ini berarti proses charging memang terhenti saat penuh.

Ponsel-ponsel baru sekarang bahkan memiliki chip baik di smartphone dan charger, untuk optimalisasi proses charging dan keamanan.

Kalau kita sangat perhatian terhadap umur dan daya tahan baterai, yang lebih penting adalah kualitas charger, kabel, dan kapan kita harus men-charge ponsel.
Membiarkan ponsel habis baterai baru di charge, akan memperpendek umur baterai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *