Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Nah smartizen bisa dicoba nih buat kalian yang ingin menghilangkan bekas jerawat bisa pakai cara ini

Dilansir dari: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/27/095608220/9-cara-menghilangkan-bekas-jerawat-secara-alami?page=4

KOMPAS.com – Memiliki bekas jerawat di wajah dapat membuat minder karena memengaruhi penampilan. Berbagai cara pun dilakukan orang untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut, mulai dari secara alami hingga menggunakan obat-obatan dari dokter kulit.

Bagi yang tertarik dengan metode-metode alami, cara menghilangkan bekas jerawat secara alami cukup mudah untuk dilakukan sendiri sehingga tak ada salahnya untuk dicoba.

Jerawat seringkali meninggalkan bekas berupa bintik-bintik kehitaman atau kemerahan yang bervariasi. Bentuknya ada yang besar atau kecil, rata atau tidak rata, serta tipis ataupun tebal.

Bekas jerawat dapat membuat kita kurang percaya diri, apalagi jika jumlahnya banyak dan mudah terlihat di wajah.

Untuk mengatasi jerawat yang mengganggu, ada berbagai metode alami yang dapat kita lakukan guna menghilangkannya. Beberapa cara tersebut, di antaranya:

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Minyak ini mengandung antioksidan, vitamin E, serta vitamin K yang dapat memperbaiki kulit dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit yang sehat.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang mampu mencegah munculnya luka jerawat baru.

Kamu hanya perlu menggosokkan 1 sendok teh minyak kelapa pada telapak tangan, kemudian mengusapkannya pada seluruh wajah terutama pada bekas jerawat.

Biarkan semalaman, lalu bersihkan esok paginya. Akan lebih baik jika kamu melakukannya setiap hari agar bekas jerawat bisa segera hilang.

Tea tree oil

Tea tree oil populer digunakan oleh orang-orang yang mengalami masalah dengan jerawat.

Tak hanya dapat membantu menghilangkan jerawat, tea tree oil juga membantu mengurangi bekas jerawat karena sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimilikinya.

Campurkan 3-4 tetes tea tree oil dengan 1 sdt minyak kelapa. Aduk hingga merata, lalu oleskan pada bekas jerawat. Biarkan semalaman atau selama 1-2 jam, kemudian bersihkan dengan air. Lakukan setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

Cuka apel

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki cuka apel bisa mengurangi peradangan, bekas jerawat yang memerah, dan membantunya untuk memudar.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel, yaitu campurkan 1 sdm cuka apel, 2 sdm madu, dan air secukupnya.

Aduk bahan tersebut hingga merata dan celupkan kapas pada campuran tersebut. Oleskan kapas pada bekas jerawat atau seluruh wajah. Biarkan selama 10-20 menit, kemudian cuci menggunakan air bersih. Kamu dapat melakukannya sehari sekali.

Soda kue

Soda kue bisa membantu sel kulit mati mengelupas. Sifat soda kue yang sedikit basa juga dapat mengembalikan pH kulit sehingga mampu melawan bekas jerawat.

Campurkan 2 sdm soda kue dan 1 sdm air, dan aduk rata. Lalu, oleskan pada seluruh bekas jerawat. Biarkan sampai mengering, kemudian bilas dengan bersih. Lakukan sehari sekali agar mendapat hasil yang baik.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung polisakarida dan giberelin yang dapat meningkatkan penyembuhan bekas luka, termasuk bekas jerawat.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak.

Oleskan gel lidah buaya pada bekas jerawat secara merata, lalu biarkan semalaman. Lakukan setiap hari agar bekas jerawat segera hilang.

Perasan lemon

Perasan lemon memiliki sifat mencerahkan kulit sehingga mampu memudarkan bekas jerawat lebih cepat. Peraslah lemon, kemudian celupkan kapas pada air perasannya.

Oleskan kapas pada bekas jerawat dan biarkan selama 10 menit. Jika sudah, bersihkan dengan air. Kamu dapat mengulanginya sehari sekali hingga bekas jerawat hilang.

Kunyit

Kunyit dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimiliki kunyit dapat mempercepat penyembuhan jaringan parut dan meningkatkan kesehatan kulit.

Campurkanlah 1-2 sdt bubuk kunyit dan perasan lemon hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta ini pada seluruh wajah, terutama bekas jerawat.

Biarkan selama 30 menit, dan bilas dengan bersih jika sudah selesai. Lakukan sehari sekali untuk mendapat hasil yang maksimal.

Kentang

Siapa sangka kentang juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Kentang banyak digunakan untuk mencerahkan kulit, mengurangi bekas luka dan pigmentasi karena kandungan alkalinnya.

Parut kentang dan peras agar mendapatkan airnya. Celupkan kapas pada air perasan tersebut, lalu oleskan pada bekas jerawat atau seluruh wajah. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Madu

Madu memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan kulit rusak dan mencegah timbulnya jerawat kembali.

Sifat pelembap pada madu juga dapat melembutkan jaringan parut dan mempercepat perbaikan kulit, termasuk bekas jerawat.

Oleskan 1 sdm madu pada bekas jerawat, kemudian biarkan selama 20-30 menit. Kamu dapat mencampur dengan perasan lemon. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

Memamg masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan penggunaan bahan alami di atas untuk menghilangkan bekas jerawat.

Namun, dibanding dengan penggunaan krim atau losion yang harganya lebih mahal, bahan alami dapat menjadi pilihan yang tepat karena harganya tidak mahal dan hanya memiliki sedikit efek samping.

Namun, sebelum mencoba cara menghilangkan bekas jerawat secara alami, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Sebab, bisa saja kamu memiliki kulit yang sensitif sehingga akan memburuk jika terkena bahan-bahan tertentu.

Bila muncul gejala seperti ruam, gatal atau kemerahan, segeralah hentikan penggunaan bahan alami dan periksakan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *