Berkah Ramadhan, Seni Kaligrafi Serbuk Kayu di Probolinggo Laris Manis

Bagus ya smartizen, berkah banget nih di bulan ramadhan.

Dilansir : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4554434/berkah-ramadhan-seni-kaligrafi-serbuk-kayu-di-probolinggo-laris-manis

Probolinggo РPembuat seni kaligrafi berbahan serbuk kayu mendapat berkah saat ramadhan. Kholili (39) asal Desa Jatiurip, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, mengaku banjir pesanan sejak awal puasa.

Pesanan tak hanya datang dari dalam kabupaten, akan tetapi juga dari luar daerah salah satunya dari Jawa Barat. Seni kaligrafi serbuk kayu yang paling diminati, yakni lafadz Asmaul Husna, Ayat Kursi, Selawat dan Kalimat Tauhid. Sementara bahan yang dipakai bahan berasal dari serbuk kayu Jati, Mahoni dan Kamelina.

“Mulai awal puasa ada sekitar 5 pelanggan yang sudah pesan, ini biasanya terus pesanan datang sampai usai lebaran nanti,” kata Kholili saat ditemui di rumahnya, Jumat (17/5/2019).

Kholili menjelaskan, untuk proses membuat satu karya seni kaligrafi waktu yang dihabiskan cukup lama. Dimulai membersihkan bahan serbuk kayu, membuat pola cetakan dari bahan styrofoam, hingga langkah penempelan lafadz ke figura.

Dalam menyelesaikan satu produk, Kholili menyebut waktu yang dibutuhkan antara 1 hingga 2 minggu, sesuai ukuran seni kaligrafi yang dipesan.

“Untuk pengerjaan satu produk, tergantung besarnya ukuran kaligrafinya. Karena ukurannya bervariasi, ada yang 37 x 37, 125 x 55 dan 210 x 135 cm,” jelasnya.

Sementara untuk harga jual seni kaligrafi serbuk kayu, dari yang terkecil sekitar Rp 150 ribu dan paling besar seharga Rp 5 juta.

Dia mengungkapkan ide awal pembuatan seni kaligrafi serbuk kayu muncul secara tidak sengaja. Itu setelah dia kerap melihat serbuk gergaji yang dibuang percuma.

Berbekal ilmu seni kaligrafi yang dimiliki, sekitar tahun 2010 lalu Kholili lantas berinovasi menyulap serbuk kayu menjadi karya seni. Saat itu awalnya hanya dibantu oleh istrinya.

Untuk mengembangkan usaha pembuatan seni kaligrafi serbuk kayunya, Kholili mengaku saat ini sudah dibantu 5 orang dari lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *