Antisipasi Macet di Tol Cileunyi, Jasamarga Buka Sembilan Gerbang Tol

Hati hati ya smartizen, buat smartizen yang mau mudik.

Dilansir : https://regional.kompas.com/read/2019/05/19/07403161/antisipasi-macet-di-tol-cileunyi-jasamarga-buka-sembilan-gerbang-tol

BANDUNG,Polisi telah berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga terkait kemungkinan adanya kepadatan dan kemacetan yang terjadi di Tol Cileunyi saat mudik lebaran 2019 mendatang. Jika hal tersebut terjadi, Operator Jasa Marga akan membuka sembilan gerbang tol sebagai akses bagi pemudik yang hendak melakukan perjalanan pulang kampungnya melalui tol tersebut. “Kami sudah berkoordinasi dengan operator Jasa Marga, mereka akan membuka 9 gate untuk keluar apabila terjadi antrian,” kata Kapolres bandung AKBP Indra Hermawan yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/5/2019).

Selain itu, pihak Jasa Marga pun akan menggunakan mobile reader atau sarana bagi pengendara untuk melakukan transaksi perjalanan selain di gerbang tol dalam rangka mengurangi kepadatan akibat antrean saat mau bayar tol. “Juga mobile reader, alat pembayaran yang bisa dibawa kemana-mana sehingga memudahkan pembayaran apabila terjadi antrian di tol,” ucap dia. Polisi telah memeriksa kesiapan jalur alternatif Bandung-Garut, yang dimulai dari Tol Cileunyi kilometer 148. Polisi berencana melakukan rekayasa lalu lintas pada kilometer 148 apabila ruas jalan tol Cileunyi tak mampu menampung kendaraan pada saat mudik nanti.

Jika ruas jalan tol Cileunyi tidak mampu menampung kendaraan, maka petugas akan membuka jalan keluar pada kilometer 148. Setelah keluar pada kilometer 148 tol Cileunyi, kendaraan akan mengarah ke perempatan Gede Bage Bandung. Di sana pemudik bisa mengarah ke kota Bandung, Sumedang, maupun Garut dan Tasik. Namun untuk yang akan menuju Garut dan Tasik diharapkan dapat mengambil jalur Sapan-Majalaya-Cijapati yang akan langsung mengarah ke Kadungora, Garut. Untuk memastikan para pemudik mengetahui jalur alternatif ini, Polres Bandung akan memasang plang rute alternatif di setiap persimpangan, dimulai dari kilometer 148 tol Cileunyi, dan di setiap persimpangan yang melalui jalur Majalaya, Cijapati hingga Kadungora, Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *