5 Manfaat Kaktus Bila Rutin Dikonsumsi, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Ternyata kaktus mempunyai Manfaat bagi kesehatan loh smartizen..

Dilansir dari: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4043204/5-manfaat-kaktus-bila-rutin-dikonsumsi-salah-satunya-turunkan-berat-badan?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Flifestyle

Liputan6.com, Jakarta – Kaktus memang identik sebagai tanaman hias. Tumbuhan berduri itu banyak diminati karena perawatannya yang mudah. Anda tidak perlu repot-repot menyiraminya setiap hari karena kaktus menyimpan cadangan airnya sendiri.

Namun, pernahkah Anda berpikir untuk memakan tanaman bernama latin Cactaceae ini? Tanpa kita sadari, kaktus memiliki banyak nutrisi di dalamnya.

Beberapa jenisnya bahkan bisa kita konsumsi, salah satunya adalah kaktus nopales. Makanan dari kaktus ini sudah sering ditemui di Amerika Latin dan Meksiko yang biasa disajikan bersama salad atau sebagai makanan pendamping.

Dilansir dari Hello Sehat, Rabu, 21 Agustus 2019, kaktus bisa dimakan mentah atau ditumis dengan bahan pelengkap lainnya. Sebaiknya, gunakan kaktus yang masih muda agar terasa lebih empuk. Rasa asam dan renyah juga akan menggelitik lidah Anda saat memakannya.

Selain lezat, manfaat dari kaktus ini juga tak kalah banyak. Liputan6.com merangkum beberapa manfaat kaktus bagi kesehatan. Berikut ulasannya.

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Di balik tubuhnya yang berduri, ternyata kaktus mengandung vitamin dan karbohidrat. Di dalam kaktus mentah terdapat protein, kalori dan karbohidrat yang dapat berguna untuk memberikan energi pada tubuh Anda.

Selain itu, vitamin yang terdapat di kaktus ini juga cukup banyak yakni 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4,6 mikrogram vitamin K dan 141 miligram kalsium. Adanya vitamin-vitamin ini bisa menjaga kebugaran tubuh Anda.

2. Memperlancar Pencernaan

Jika biasanya kita bisa menemukan serat hanya pada buah dan sayur, tumbuhan yang biasa tumbuh di tempat kering ini juga mengandung serat. Serat merupakan zat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

Seperti yang kita ketahui, serat dapat menyerap air sehingga dapat melunakkan feses agar lebih mudah keluar melalui anus. Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, Anda bisa mencoba olahan kaktus ini sebagai salah satu makanan yang dapat memperlancar pencernaan.

3. Mencegah Kanker

Antioksidan yang terkandung dalam kaktus ini dapat menghalangi radikal bebas pembentuk kanker. Tak hanya satu jenis, terdapat beragam zat seperti pektin, karoten, asam galat, polifenol dan betalain yang memang mengandung antioksidan. Hal ini sudah terbukti dalam penelitian dari US National Library of Medicine yang melakukan uji coba pada hewan.

4. Mengendalikan Gula Darah

Berdasarkan penelitian dari jurnal ISRN Pharmacology, ekstrak biji kaktus yang diuji pada tikus dan bereaksi pada insulinnya. Pada hasil yang didapat, kaktus dinilai dapat meningkatkan glikogen pada otot dan hati serta menurunkan kadar gula darah. Manfaat ini akan semakin maksimal jika diimbangi dengan resep dokter yang sesuai.

5. Menurunkan Berat Badan

Selain mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan, kandungan yang satu ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolestrol dan membantu proses pembakaran lemak.

Tak hanya itu, vitamin B juga terkandung dalam kaktus dan dapat membantu laju metabolisme sehingga lebih banyak kalori terbakar. Tentunya semua kandungan tersebut cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. (Novi Thedora)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *